Kamis, 06 Januari 2011

Kecenderungan Berfikir Otak Kiri dan Kanan

Dasar otak Udang!! Begitu biasanya kita kalo mengolok seseorang yang agak blo’on… kok udang dibawa2 ya? Maklum udang kan otak ama pembuangannya di kepala :D   Apa anda tahu bahwa saat kita berfikir sebenarnya kita telah menentukan pola penggunaan otak kita? Maksudnya pada saat kita berfikir kita sebenarnya cenderung pake otak yang mana? Otak yang kiri atau yang kanan?  Lha, apa bedanya ya… yang jelas tentu berbeda.
Otak kanan lebih cenderung digunakan untuk berfikir kreatif, misalnya menghayal, intuisi, mengarang lagu, musik, atau lebih identik dengan daya seni.
Otak kiri lebih cenderung digunakan untuk berfikir logis atau analitis, misal hitungan, penilaian, bahasa verbal, linear, menganalisa, menghafal, atau lebih identik dengan penalaran.
Dalam kehidupan kita sehari-hari sebenarnya otak kita saling berfikir silih berganti tergantung dengan masalah yang dihadapinya.  Bila kita bisa memposisikan cara berfikir kita dengan menggunakan otak kiri atau kanan, maka kita bisa menjadi seorang yang jenius.  Tapi sayangnya memposisikan cara berfikir otak itu sangat susah dan tidak gampang.
Otak juga ibarat pisau, bila tidak diasah maka kemampuan berfikirnya akan tumpul.. demikian pula dengan memorinya kalo mau di upgrade berarti kita juga harus upgrade ilmu.  Artinya semakin banyak pengetahuan yang direkam oleh otak kita maka semakin mantap pula pola fikir kita terhadap suatu masalah.  Untuk itu makanya pendidikan itu perlu, pola fikir lulusan SD ya jauh beda dengan pola fikir anak SMA karena hasil upgradenya berbeda.
Cara mengasah otak kanan yaitu dengan banyak berkreasi misalnya bermain gitar, mengarang lagu, melukis, bernyanyi, dan menghayal.  Cara mengasah otak kiri yaitu dengan banyak membaca informasi, berhitung/menjumlah, berpendapat, atau berfikir sistematis.
Cara Mengetahui Kecenderungan Penggunaan Otak
Nah, sekarang bagaimana caranya agar kita tahu sebenarnya kita ini cenderung menggunakan otak yang mana ya? Hal ini penting agar kita tahu potensi apa yang ada didalam diri kita sehingga bisa kita kembangkan.  Untuk mengetahuinya bisa dengan cara berikut (ikuti ya??) :
  • Rentangkan kedua tangan anda
  • Lalu rapatkan kedua tangan anda seperti gambar dibawah
  • Perhatikan jempol mana yang berada diatas
Otak Kiri -  Otak Kanan
Bila jempol tangan kiri yang diatas, maka berarti anda cenderung berfikir dengan otak kanan.  Bila jempol tangan kanan yang diatas, maka berarti anda cenderung berfikir dengan otak kiri.
Misalnya ternyata jempol tangan kiri anda yang berada diatasnya..bagaimana kalo anda coba lakukan sebaliknya (jempol kanan yang diatas), pasti akan janggal sekali rasanya…  Lalu mengapa kebanyakan orang selalu menggunakan tangan kanan ? itu sebenarnya karena faktor kebiasaan dan juga bukti bahwa kita ini mahluk yang berfikir rasional/logis. Kalo pake tangan kiri kan sebutannya “kidal” kalo kanan apa sebutannya “kadal” ya? :D
Selamat mencoba,

0 komentar:

Poskan Komentar