Kunci Pencernaan Sehat

Sabtu, 08 Januari 2011

Apa yang kita makan, bisa mempengaruhi kesehatan. Tak heran, sebagi sistem yang memproses makanan, saluran pencernaan rentan mengalami gangguan. Wajar saja, mengingat di dalam organ- organ pencernaan akan terjadi proses penyerapan nutrisi dan makanan yang di asup dan pembunagan zat - zat beracun.

Sebut saja gangguan tersebut sepeti sembelit,diare,dispepsia, dan masih banyak lagi yang erat berkaitan dengan makanan. Padahal di satu sisi, pada sistem inilah juga terdapat sistem kekebalan tubuh. Sekarang ini, dengan gaya hidup modern banyak memungkinkan pola konsumsi makanan tinggi lemak dan karbohidrat namun minim serat. Hal ini lumrah saja terjadi, karena banyaknya aktivitas yang dijalani setiap harinya plus waktu terbatas, membuat orang mencari makanan yang cepat mengenyangkan dan praktis penyajiannya.

Alih - alih ingin cepat kenyang, membuat orang kerap mengabaikan kandungan gizi yang seimbang dari makanan yang diasup. Hasilnya penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan maupun penyakit degeneratif siap mengancam. Oleh karena itu, sebagai salah satu langkah efektif untuk mengembalikan fungsi pencernaan dengan baik sekaligus mengontrol gula darah agar tetep normal, mulailah meningkatkan konsumsi serat. Mulailah lengkapi menu makanan anda setiap harinya dengan sayur dan buah.

Kedua jenis makanan diatas, adalah contoh paling umum, mudah didapatkan, dan cukup terjangkau kocek. Disamping itu, beras dan produk turunnya juga diketahui memiliki sifat mudah dicerna dan kaya karbohidrat kompleks. Variasikan jenis tersebut sebagi pelengkap lauk dan makanan pokok, untuk mendapatkan komposisi nutrisi yang beragam. Apabila buah bisa langsung dimakan, lain halnya dengan sayur, yang bisa dimakan mentah atau matang. Pasalnya, dengan proses pengolahan atau pemasakan yang kurang benar, dapat menghilangkan beberapa zat gizi dari suatu bahan makanan.










0 komentar:

Poskan Komentar