Apa itu penyakit katarak?

Sabtu, 01 Januari 2011


Katarak adalah pengaburan yang berkembang di dalam amplop mata atau di lensa kristalnya. Berasal dari bahasa Latin "cataracta" yang berarti "air terjun" dan bahasa Yunani "kataraktes" yang berarti "untuk mencuci". Lensa mata bekerja seperti lensa kamera dimana cahaya masuk melalui retina yang ada pada bagian belakang mata. Lensa membantu mata untuk fokus sehingga Anda dapat melihat dengan jelas. Lensa kristal pada mata utamanya terbuat dari air dan protein. Proteinnya secara natural akan bersatu sehingga cahaya dapat menembusnya dan katarak akan terbentuk ketika ikatan ini berubah dan molekul proteinnya menggumpal. Gumpalan ini akan menghalangi cahaya untuk memasukki lensa dan seiring bertambahnya usia, gumpalan ini akan bertambah besar dan pekat.
Para peneliti tidak mengetahui mengapa lensa mata berubah seiring bertambahnya usia, sehingga dapat menyebabkan katarak. Walaupun tidak umum, katarak juga terjadi pada orang muda, yang biasanya disebabkan oleh trauma mata, resep obat atau kondisi kesehatan kronis. Hal-hal tersebut mempunyai beberapa faktor resiko yang dapat menyebabkan katarak, seperti terkena sinar ultraviolet dalam waktu lama, penyakit efek samping seperti miotonik, distropi, diabetes dan penyakit Wilson. Janin yang terkena radiasi, alkohol, dan penyalahgunaan obat selama kehamilan mempunyai faktor resiko yang tinggi. Merokok merupakan faktor yang paling berbahaya untuk katarak dan pengunaan alkohol dalam jangka waktu panjang juga dapat menyebabkan katarak karena alkohol mengakibatkan kekurangan vitamin, dimana Kekurangan vitamin C dan E mempunyai hubungan dengan pertumbuhan katarak. Infeksi mata juga merupakan resiko yang berbahaya karena tumor dapat menyebabkan perubahan yang seringkali menjadi pertumbuhan katarak.

Katarak dikategorikan dalam 3 tipe karena lensa mata terdiri dari 3 komponen, yaitu nukleus atau lensa tengah, kulit lensa atau periphery, dan membran yang melapisi lensa atau kapsul.
Katarak Nuklir
Merupakan katarak yang umum pada pasien usia tua. Tipe ini berkembang di nukleus dan butuh waktu bertahun-tahun untuk berkembang.
Katarak Korsial
Tipe katarak ini terbentuk di area peripheral atau area kulit lensa. Katarak Korsial sangat umum pada pasien penderita diabetes dan jika tidak segera diobati maka jamurnya dapat menyebar ke bagian tengah mata.
Katarak Subkapsular
Katarak Subkapsular berkembang pada area belakang lensa dan kadang-kadang di tengah. Gejala yang cepat akan terjadi hanya dalam sekitar periode 1 bulan.
Pada fase awal, katarak akan cenderung untuk menganggu pengelihatan, menyebabkan pengelihatan yang kabur atau berkabut, tetapi hal ini dapat diatasi dengan menggunakan kacamata baru, magnifikasi, pencahayaan yang cukup, bifokal yang kuat atau alat bantu penglihatan yang lain. Tetapi ketika gejalanya memburuk yang membuat Anda sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hati seperti menyetir, membaca atau bekerja, maka akan diperlukan operasi pengangkatan oleh dokter spesialis mata.


0 komentar:

Poskan Komentar